close [x]

Lupa password?

close [x]

close [x]

ARTIKEL SOLUSI PILIHAN

Komix Bagikan Masker untuk Warga Pekanbaru

SOLUSI PASCABENCANA GUNUNG BERAPI

KOMIX, SOLUSI PRAKTIS PEREDA BATUK

ARTIKEL SOLUSI

by Richard Sambera

5 Tip Renang Untuk Pemula

Belakangan ini saya banyak bertemu orang dewasa yang ternyata tidak bisa berenang. Memang agak mengagetkan, masih saja banyak orang yang bukan anak-anak lagi tetapi belum menemukan kesenangan dari kegiatan di air ini. Jika Anda termasuk di dalam grup ini, atau sekedar ingin meneruskan kemampuan Anda, berikut adalah beberapa tips dari saya. Tetapi ingat, patuhi semua peraturan di kolam renang. Jika Anda belum bisa berenang, pastikan ada pendamping yang sudah bisa dan dapat membantu Anda sewaktu-waktu. Jangan belajar sendirian.


PIKIRAN KITA
Sebelum mulai, ketahui terlebih dahulu mengapa Anda mengalami kesulitan belajar, atau mengapa Anda tidak bisa berenang sampai usia dewasa. Kebanyakan alasan yang saya temui adalah “rasa takut” atau “takut tenggelam”. Hal ini bisa jadi adalah faktor yang paling besar. Oleh karena itu, Anda harus berhenti menganggap air, atau kolam renang, atau laut, sebagai hal yang mengerikan.

Pilih kolam renang yang dangkal, dan bermainlah dengan beberapa mainan air atau alat pelampung, dan bergerak-geraklah di air untuk mendapatkan perasaan nyaman. Kenakan kacamata dan coba lihat ke dalam dengan menempelkan wajah ke air, meski masih dalam posisi berdiri. Proses ini mungkin memakan waktu lama, apalagi bagi Anda yang mempunyai trauma berat dengan air.

AMBIL NAFAS
Cara bernafas adalah salah satu kesalahan yang banyak saya temui pada perenang rekreasi. Cara yang benar adalah: saat wajah kita di dalam air, buang nafas lewat hidung. Lalu saat wajah Anda di luar air, tarik nafas dengan menggunakan mulut. Latih di kolam dangkal sampai Anda merasa nyaman dengan mekanisme ini.

MENGAMBANG
Banyak juga yang tidak tahu bagaimana cara mengambang. Mulailah di kedalaman kolam yang airnya setinggi dada Anda, lalu gerakan tangan di kedua sisi badan untuk mempertahankan badan tetap tegak di air. Buatlah gerakan melingkar dengan kedua tangan (tangan kanan arah jarum jam, dan tangan kiri arah melawan jarum jam), satu persatu bergantian. Lakukan hal yang sama dengan kedua kaki Anda sampai merasa badan melayang atau mengapung di air.

DOGGIE PADDLE
Saya sebenarnya tidak menyukai nama ini, tetapi memang gaya renang yang paling mudah untuk dipelajari pemula adalah menggerakkan kaki dan tangan seperti anjing saat berenang, atau disebut doggie paddle. Yaitu dengan menendangkan kaki dan tangan untuk membuat badan maju. Pada awal, gerakannya akan pendek dan cepat, tetapi jika Anda lebih sering melakukan ini, gerakannya akan semakin panjang dan stabil.

(Richard Sam Bera, mantan perenang nasional Indonesia dan pemimpin redaksi di majalah pria)


Sumber foto: sciencedaily.com

Kamu harus login untuk mengisi komentar.

ALIEF FAISAL ANWAR

09 Jul 2013 - 12:13 pm

Olahraga yang pernah bikin saya malu ketika praktek olahraga SMA. Saya tenggelam waktu itu karena gak bisa rengan. Semoga tips diatas dapat membantu saya agar mahir berenang.

Hani Asriningtyas Wijayanti

16 Jul 2013 - 10:50 pm

thanks atas tipsnya, saya salah satu manusia berumur 24tahun yg sampai sekarang blm bisa berenang,hehe. nanti akan dicoba tips2nya..

Henry Irawan

18 Jul 2013 - 10:44 am

wah terima kasih banyak, saya akan berusaha agar bisa berenang ...