close [x]

Lupa password?

close [x]

close [x]

ARTIKEL SOLUSI PILIHAN

Komix Bagikan Masker untuk Warga Pekanbaru

SOLUSI PASCABENCANA GUNUNG BERAPI

KOMIX, SOLUSI PRAKTIS PEREDA BATUK

ARTIKEL SOLUSI

by Aulia Masna

Cara Aman Jaga Rahasia

Smartphone, tablet, atau perangkat mobile lainnya adalah benda yang sangat pribadi. Orang menyimpan banyak hal di sana, dari musik, foto, video, akun bank, kontak, alamat, password, dan lain-lain, bahkan rahasia yang tidak boleh jatuh ke tangan orang lain. Karena itulah perangkat mobile butuh diamankan sebagai perlindungan terhadap orang yang ingin memasuki informasi tersebut tanpa persetujuan sang pemilik.

Satu hal yang saya lakukan saat saya memiliki perangkat mobile baru adalah mengatur password. Banyak orang melewatkan hal ini karena alasan repot, tapi ini adalah langkah penting yang harus diambil. Memiliki password bukan cuma mencegah orang lain bermain-main dengan benda itu, tapi juga untuk melindungi data-data di dalamnya. Kadang bukan cuma dari pencuri data, tapi juga dari teman-teman yang mau iseng. Bayangkan apa jadinya jika ada yang memasuki akun jejaring sosial kamu, seperti Facebook atau Twitter, hanya karena smartphone kamu tidak aman?

PASSWORD YANG TEPAT

Saat memilih password, seringkali orang berpikir kalau sesuatu yang random itu yang paling aman. Misalnya kombinasi huruf, angka, dan karakter lainnya. Tapi seringkali itu juga yang paling sulit diingat. Jika sudah demikian, ada yang akhirnya menggunakan nama atau kata-kata lain. 

Pada kasus tertentu, orang menggunakan rangkaian angka, yang nyaris selalu merupakan tanggal kelahiran atau satu rangkaian angka yang sama seperti 0000, 1111, 2222 dan lainnya. Sementara itu, ada juga sistem operasi yang menyarankan untuk menggunakan password kombinasi huruf dan angka, bukan cuma empat atau enam angka sederhana, seperti pada perangkat Blackberry, iOS, dan Android.

Nah, password yang aman tidak selalu berarti password yang rumit, seperti yang saya katakan sebelumnya. Kata sandi seharusnya menjadi pilihan yang lebih baik dan lebih mudah diingat. Sebagai contoh, daripada menggunakan seperti “p4s5w0rd”, coba sesuatu seperti “opensesame” atau “chocolatecake”. Password seperti ini jauh lebih mudah untuk diingat dan cenderung lebih susah ditebak oleh orang, sehingga dia adalah pilihan yang lebih baik.

Memilih password adalah latihan menyeimbangkan antara keamanan dan kemudahan untuk mengingat. Password yang rumit selalu terlihat lebih aman tapi seringkali susah untuk diingat, sementara tanggal lahir terlalu mudah untuk ditebak, sehingga itu bukan pilihan yang tepat. Kata sandi itu lebih aman dan lebih mudah diingat. Jadi, cobalah menggunakan kata sandi untuk perangkat mobile kamu.

(Aulia Masna, pengamat teknologi dan Chief Editor Daily Social)

Sumber foto: jameshacon.com

Kamu harus login untuk mengisi komentar.