close [x]

Lupa password?

close [x]

close [x]

ARTIKEL SOLUSI PILIHAN

Komix Bagikan Masker untuk Warga Pekanbaru

SOLUSI PASCABENCANA GUNUNG BERAPI

KOMIX, SOLUSI PRAKTIS PEREDA BATUK

ARTIKEL SOLUSI

Mendengkur, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mendengkur dapat terjadi pada siapa saja. Penelitian menyebutkan bahwa 45% pria dan 30% wanita mendengkur dalam tidurnya. Apakah kita salah satunya?

Mendengkur atau "mengorok" merupakan suara bergetar yang keluar saat kita dalam keadaan tidur. Suara ini biasanya ditandai dengan bunyi yang cukup keras. Berasal dari rongga mulut dan hidung. Suara dengkuran ini terjadi akibat menyempitnya saluran nafas, sehingga jaringan lunak pada langit-langit mulut di dekat tenggorokan bergetar. Meski orang dengan berat badan berlebih berisiko tinggi tidur mendengkur, namun pada kenyataannya, hampir semua orang pernah mendengkur berapapun berat badan mereka. Ketahui penyebab kebiasaan ini, serta cara mengatasinya secara tepat.


Penyebab Mendengkur

a. Posisi Tidur
Tidur telentang merupakan salah satu penyebab tidur mendengkur. Saat tidur telentang, posisi mulut akan cenderung terbuka dan lidah akan terdorong ke dalam tenggorokan sehingga dapat menyebabkan penyumbatan saluran nafas dan menyebabkan suara dengkuran.

b. Kebiasaan Merokok
Selain tidak sehat bagi kesehatan paru-paru dan jantung, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan tidur mendengkur. Selain itu, merokok dapat memicu peradangan pada tenggorokan dan saluran nafas. Peradangan inilah yang pada akhirnya dapat mengkibatkan suara dengkuran saat tidur.

c. Gangguan pada Hidung
Beberapa orang mendengkur karena mereka mengalami alergi, perubahan cuaca, atau ketika mereka memiliki infeksi sinus. Kelainan bentuk hidung seperti septum yang menyimpang (perubahan struktural pada dinding yang memisahkan satu lubang hidung dari yang lain) atau polip hidung juga bisa menyebabkan tidur mendengkur.

d. Kelebihan Berat Badan
Orang dengan kelebihan berat badan biasanya akan memiliki jaringan tenggorokan yang lebih besar pula. Pembesaran tenggorokan ini dapat mengakibatkan penyempitan saluran pernafasan dan menyebabkan tidur mendengkur.

e. Sleep Apnea
Sleep apnea merupakan gangguan atau kelainan yang ditandai dengan berkurangnya bahkan berhentinya nafas selama tidur. Periode apnea dapat terjadi 10 detik atau lebih. Hal ini dapat menyebabkan aliran udara berhenti dan berdampak pada penurunan oksigen dalam darah sebesar 4%, sehingga secara langsung menyebabkan pengurangan transfer oksigen ke dalam darah.


Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Berikut ini ada beberapa cara efektif untuk mengatasi kebiasaan mendengkur, yaitu:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah posisi tidur. Tidur dalam posisi miring akan membantu mengurangi dengkuran.
  • Hentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman keras.
  • Kurangi kelebihan berat badan dengan cara mengatur pola makan dan olahraga rutin 3-5 kali seminggu.
  • Konsultasikan dengan dokter, apakah kebiasaan mendengkur berhubungan dengan penyakit tertentu atau tidak.


Nah, jika memiliki kebiasaan mendengkur, segera atasi dengan beberapa tips di atas. Semoga bermanfaat!

Sumber: http://duniafitnes.com/health/mendengkur-ketahui-penyebab-dan-cara-mengatasinya.html

Kamu harus login untuk mengisi komentar.

ADI GUSETIYAWAN

13 Jun 2012 - 05:29 pm

waduh, ternyata dampak merokok itu sampai pada perilaku kita disaat tidur. gawat !

Bella Vian Oktavia

13 Jun 2012 - 05:51 pm

kalo mendengkur biasanya gara gara posisi tidur nya terlentang, tapi sekarang bakal kebiasain deh posisinya miring biar gak mendengkur lagi

Edo Kesuma

13 Jun 2012 - 07:17 pm

Sepertinya karena saya kelebihan berat badan makanya saya mendengkur. Terima kasih atas sarannya ya.

artomo

14 Jun 2012 - 08:55 am

apakah saat depresi atau kecapean juga menjadi salah satu penyebab mendengkur?
Jika saya kecapean kadang mengalami mendengkur.

Rita Zahara

14 Jun 2012 - 10:55 am

Saya seorang Sleep apnea, dari artikel diatas saya sudah melakukan beberapa cara mengatasinya. Namun, saya tetap saja mendengkur saat tidur..
Dan Berat badan saya juga ideal. Dan saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan, kalau mendengkur itu bisa menyebabkan depresi. Apakah itu benar?
Terimakasih.

ita novita damanik

14 Jun 2012 - 11:19 am

tpi klo saya mendengkur biasa ny di sebabkan keletihan akibat aktifitas. kalau begitu bagaimana kasus ny?? bahaya tah??

LIANGGONO SUSANTO

18 Jun 2012 - 12:14 am

Yang juga mau saya tanyakan, apakah mungkin jika mendengkur karena faktor keturunan. karena beberapa cara sudah dicoba namun ttp saja tidak terlalu berpengaruh..

Melya Octavina

18 Jun 2012 - 03:49 pm

Terima kasih untuk infonya yang sangat bermanfaat. Ditunggu informasi lainnya... Mohon info ttg penggunaan obat-obatan untuk ibu hamil.

andi musfaat

19 Jun 2012 - 07:42 am

Lantas kalau tidur terlentang akan menyebabkan tidur mendengkur. Kalau tidur posisi miring kiri akan menekan jantung. Terus yang paling buruk kalau tidur tengkurap. So, yang baik yang mana dong?

hafas haikal

19 Jun 2012 - 08:23 am

mendengkur memang sanagt memalukan.. untung aku tdk prnh mendengkur :)

Faruq Abdil Haq

19 Jun 2012 - 10:46 am

Menurut penelitian.
semakin tua mendengkurx semakin keras.

apriaman

19 Jun 2012 - 11:55 am

kalo pusisitidurnya bagus gimana??

desti daniza

19 Jun 2012 - 10:03 pm

biasa'x kalo kecapean saya baru menndengkur, tapi kalo ga cape ya biasa aja. haha

andi musfaat

20 Jun 2012 - 10:51 am

bagi kebanyakan masyarakat, mendengkur itu dianggap tidak sopan selain dari segi kesehatan

sandho aditya pratama

20 Jun 2012 - 02:08 pm

waaaah, ternyaya mendengkur yang seringkali jadi bahan bercandaan merupakan penyakit yang berbahaya juga yah. ayooo yang sering mendengkur periksakan kesehatan anda.

Firdaus Hasudungan

20 Jun 2012 - 03:42 pm

gue punya saudara kalo mendengkur, waduh ngerinya minta ampun. seperti orang tersedak gitu. kadang gue suka kuatir sendiri saudara gue bisa mokat karena dengkurannya itu. memang, dia sendiri mengalami masalah obesitas juga sih :(

Baini Rizki

22 Jun 2012 - 01:03 am

selama ini saya merasa tidak pernah mendengkur,tapi kalo ada temen tidur di sebelah katanya saya tidur mendengkur,aneh,,,

ujank ngango

22 Jun 2012 - 01:18 am

mudah-mudahan saya tidur tidak pernah mendengkur

noeniek heryanawati

22 Jun 2012 - 08:57 am

Wah ......saran yang bagus tuh, habis ibu sama saudara-saudara lakiku semua mendengkur kalo tidur bikin brisik suasana

Rizki Pratama Vilnanda

22 Jun 2012 - 09:13 am

gue pernah kenal sama orang yang dengkurannya sangat mengganggu

nur elva zuhrah

22 Jun 2012 - 10:12 am

aku gapernah dengkur sejak kelas 4 sd yeaaay ^^/

Dwi Aris Arieffudin

24 Jun 2012 - 03:23 pm

Terkadang mendengkur sangat mengganggu orang disampingnya, sebaiknya atasi dengan cara diatas

wiharto

24 Jun 2012 - 04:10 pm

Alhamdulilah ga dengkur.. :-D

Ajeng ulyati lutfiyah

24 Jun 2012 - 04:59 pm

Ibu aku sering mendengkur kalau sedang kecapean..
Tp sekarang sudah baikan setelah aku kasih beberapa tips dari komix dt..
Thanks komix :D
ajeng ulyati lutfiyah

Jovita Raina Tanaya

25 Jun 2012 - 12:06 pm

gimana kalo mendengkur cuma saat kecapek'an aja?