close [x]

Lupa password?

close [x]

close [x]

ARTIKEL SOLUSI PILIHAN

Komix Bagikan Masker untuk Warga Pekanbaru

SOLUSI PASCABENCANA GUNUNG BERAPI

KOMIX, SOLUSI PRAKTIS PEREDA BATUK

ARTIKEL SOLUSI

by Marischka Prudence

MUDIK AMAN, MUDIK NYAMAN

Setiap tahun ada satu masa dimana hampir seluruh penduduk kota besar berbondong-bondong memenuhi jalanan antar kota antar provinsi, kembali ke kampung halaman mereka. Mudik memang sudah jadi tradisi setiap sebelum lebaran. Jangan ditanya apa yang rela dilakukan demi merayakan Idul Fitri di kampung halaman, perjalanan berjam-jam, belasan jam hingga berhari-hari dilakukan untuk berkumpul bersama keluarga.

 

Meski sudah jadi tradisi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat mudik kamu semakin nyaman, dan menghindarkan diri dari kekesalan di saat mudik dengan kendaraan pribadi:

 

  1. Periksa kendaraan sebelum mudik, kalau perlu bawa kendaraan ke bengkel untuk pemeriksaan kondisi. Bayangkan kamu sedang menempuh perjalanan jauh dengan barang bawaan yang banyak kemudian mobil kamu mogok. Pasti sangat mengesalkan dan mengganggu.
  2. Siapkan jalur alternatif. Ini penting terutama jika kamu hanya tahu satu rute saja. Terkadang, karena beberapa hal, arus mudik dialihkan atau jalan ditutup karena kecelakaan. Saat inilah kamu perlu tahu rute yang lain, jika tidak mau menunggu di satu titik berjam-jam tanpa kepastian. Pelajari rute terlebih dahulu. Saat ini banyak aplikasi peta seperti Google Map, Maps, Waze. Semua akan mempermudah perjalanan kamu.
  3. Letakkan barang-barang yang tidak akan dipakai selama perjalanan di koper besar. Lebih mudah menyusun barang di sedikit koper besar dibanding di banyak koper atau tas kecil. Barang-barang yang akan digunakan selama perjalanan, dapat disimpan di koper kecil yang diletakkan di bagian atas, sehingga saat hendak mengambil, kamu tidak perlu "mengaduk" tumpukan tas.
  4. Siapkan tas kain berbentuk kotak untuk membawa minuman dan cemilan. Saat berbelanja di minimarket, biasanya barang belanjaan dimasukkan ke dalam kantong plastik, yang jika diletakkan di mobil berhamburan isinya. Meletakkan barang-barang ini di tas dengan penutup, akan mempermudah saat mengambil, serta menghindarkan dari terinjak selama di perjalanan.
  5. Bawalah bantal. Ini akan memakan lebih banyak tempat, namun untuk perjalanan belasan jam, bantal akan membuat penumpang kendaraan tidur jauh lebih nyaman.
  6. Usahakan di setiap mobil ada setidaknya dua orang yang dapat menyetir sehingga dapat bergantian. Menyetir dalam kondisi lelah dan mengantuk sangat membahayakan. Buatlah semacam "shift" untuk bergantian menyetir.
  7. Gadget bagi penumpang adalah salah satu cara menghindari kebosanan di saat mudik. Bawalah charger mobil. Saat ini sudah banyak dijual converter yang menyambungkan lighter di mobil menjadi colokan listrik, sehingga dapat digunakan untuk semua tipe charger perangkat elektronik kamu. 
  8. Saat berhenti di beberapa lokasi, misalnya untuk makan, jangan dipergunakan untuk duduk diam. Berdiri, luruskan kaki selama beberapa saat, karena selama di kendaraan kaki kita selalu menekuk.
  9. Siapkan tempat sampah di kendaraan kamu, jangan pernah membuang sampah ke jalanan. Selain mengotori, sampah juga dapat membahayakan pengguna kendaraan lain. Bayangkan kamu membuang bungkus snack saat mobil melaju, dan sampah itu terbang ke arah depan helm pengendara motor, sehingga mereka tidak dapat melihat, kaget dan kecelakaan terjadi. 
  10. Bawa kamera dan ambil foto selama di perjalanan. Terkadang melihat kendaraan mudik sangat menarik, mulai dari bawaan yang berlebih hingga ke atas kendaraan, wajah-wajah anak kecil di dalam mobil, padatnya jalanan di saat puncak mudik dan lain-lain. Foto-foto ini dapat kamu perlihatkan kepada keluarga di kampung halaman nanti, dan jadi kenangan mudik tahunan. Tapi ingat, jangan lakukan ini sambil menyetir, tentunya.

 

Itulah sebagian tips yang mudah mudahan dapat membuat mudik kamu semakin nyaman. Meski dilakukan setiap tahun, bukan berarti kamu tidak bisa membuat kemajuan dan perubahan agar semakin nyaman kan?

 

Prepare your trip, and enjoy!

 

(Marischka Prudence, travel blogger)

Kamu harus login untuk mengisi komentar.