close [x]

Lupa password?

close [x]

close [x]

ARTIKEL SOLUSI PILIHAN

Komix Bagikan Masker untuk Warga Pekanbaru

SOLUSI PASCABENCANA GUNUNG BERAPI

KOMIX, SOLUSI PRAKTIS PEREDA BATUK

ARTIKEL SOLUSI

by Marischka Prudence

Tips Agar Tidak Sakit Seusai Traveling

"Di balik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat"

Jika anda setuju dengan kalimat itu tentu pertanyaan berikutnya adalah bagaimana mendapatkan jiwa yang kuat agar tubuh tetap sehat?

Bepergian atau traveling bagi saya adalah salah satu resep menguatkan jiwa. Pengalaman bertemu orang orang baru, melihat lokasi baru, mencicipi rasa baru dan segudang pengalaman yang tidak ada habisnya adalah curahan tenaga bagi jiwa, memperkuat apa yang ada di dalam diri kita, dan secara tidak langsung membuat kita lebih sehat.

Saya percaya hidup dengan rasa senang akan membawa tubuh menuju kesehatan yang lebih baik. Namun, tentu kita tidak boleh lupakan beberapa hal untuk menjaga tubuh di saat bepergian karena tentu saja di saat traveling terkadang tubuh diforsir untuk bekerja lebih keras, berjalan lebih banyak dan terkadang terlalu senang hingga lupa dengan kebutuhan dasar seperti makan tepat waktu dan kecukupan tidur.

Agar tidak sakit disaat maupun seusai traveling, ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan:

1. Cukup makan dan tepat waktu

Terkadang saat traveling kita terbawa keseruan yang ada, asik berjalan jalan dan melihat laut di pantai misalnya, hingga lupa waktu berjalan dengan cepat dan anda ternyata melupakan makan siang.

Kecukupan energi dari makanan ini sangat penting. Jangan sampai tubuh terforsir namun anda lupa memberi suplai energi sehingga tumbang di saat pulang liburan. Cara ampuh untuk menghindari lupa makan? Pasang alarm di handphone anda untuk mengingatkan diri akan waktu makan.

2. Penuhi kebutuhan waktu tidur

Saya sering mengalami ini: saat traveling asik mengobrol dan tak sadar sudah subuh, saya tidur hanya beberapa jam dan sudah bangun di pagi hari untuk mengitari lokasi baru lagi saat bepergian.

Mungkin terkadang kita tidak mau rugi, sayang sudah jauh jauh tapi tidak dimanfaatkan. Namun tidur tetap kebutuhan utama, apalagi saat tubuh diforsir lebih dari aktivitas biasanya. Usahakan kebutuhan tidur 6 jam tercukupi, dan akan lebih baik lagi jika hingga 8 jam. Usahakan ingat waktu tidur, mengobrol masih bisa dilanjutkan keesokan harinya lagi kan? :)

3. Vitamin

Tambah kebutuhan vitamin dengan suplemen, atau yang lebih baik dengan banyak makan buah buahan. Saat traveling biasanya sarapan hotel menyediakan buah buahan, selalu makan buah di pagi hari saat traveling, ini akan memperkuat tubuh selama bepergian

4. Obat obatan

Tahan penyakit sebelum datang. Saya selalu membawa obat dasar seperti obat sakit kepala, demam dan batuk dan sebelum penyakit menjadi parah saya "lawan" dengan obat. Misalnya jika tenggorokan mulai terasa tidak enak dan batuk, kemudian anda tahu itu adalah tanda tanda batuk akan semakin parah maka segera lawan dengan obat batuk seperti Komix.

Banyak obat yang sudah tersedia dalam kemasan kecil, seperti Komix ini sehingga anda tidak perlu membawa obat batuk kemasan botol kaca yang seringkali merepotkan.

5. Gunakan Pakaian Sesuai Kondisi

Bukan berarti harus stylish, namun ketahui kondisi lokasi yang akan anda kunjungi, misalnya jika akan berkunjung ke daerah pegunungan yang notabene dingin tentu jangan gunakan tank top karena akan mengundang penyakit.

Siapkan jaket tebal jika tahu cuaca lokasi yang anda akan kunjungi dingin, mungkin kita terkadang merasa badan ini kuat namun tetap melindungi tubuh lebih baik dibanding repot belakangan untuk meredakan sakit.

6. Enjoy The Trip

Hati dan pikiran yang senang akan membawa dampak baik bagi kesehatan, saya selalu percaya itu. Nikmati perjalanan anda dan rasakan kondisi tubuh ikut terbawa ke tahap yang positif juga :)

Enjoy the trip, keep your body healthy and you'll get great memories to keep after traveling.

@marischkaprue
www.marischka-prudence.com

Kamu harus login untuk mengisi komentar.