close [x]

Lupa password?

close [x]

close [x]

ARTIKEL SOLUSI TERBARU

Komix Bagikan Masker untuk Warga Pekanbaru

SOLUSI PASCABENCANA GUNUNG BERAPI

KOMIX, SOLUSI PRAKTIS PEREDA BATUK

PREDIKSI INOVASI 2014

Tips Agar Tidak Sakit Seusai Traveling

FAQ

Apa yang dimaksud dengan batuk?
Batuk merupakan salah satu mekanisme pertahanan pada saluran nafas yang bekerjasama erat dengan bersihan lendir saluran nafas.

Mengapa batuk disebut sebagai mekanisme pertahanan?
Selain material dari saluran pernafasan, makanan atau benda asing yang lain yang terhirup juga akan dibatukkan. Sehingga batuk mencegah kejadian aspirasi dari luar. Dalam hal ini terlihat bahwa batuk bermanfaat dan merupakan suatu mekanisme pertahanan yang terjadi pada manusia dalam keadaan sehat.

Hal-hal apa saja yang dapat menyebabkan batuk?
Batuk dapat disebabkan oleh infeksi, alergi, dan berbagai macam penyebab non spesifik, yang menyebabkan kerusakan pada mukosa saluran pernafasan, hipersekresi, radang, reaksi hipersensitifitas.

Apa yang membedakan batuk biasa dengan batuk infeksi?
Pada keadaan patologik misalnya infeksi saluran nafas, volume lendir di saluran nafas yang dihasilkan akan lebih banyak dan lebih sering. Dengan demikian frekwensi dan intensitas batuk selama infeksi saluran nafas akan meningkat.

Bagaimana mekanisme terjadinya batuk?
Refleks batuk tiap kali akan terbangkit jika ada reseptor batuk yang terangsang. Bila volume lendir di saluran nafas yang terkumpul mencapai jumlah yang cukup besar akan merangsang reseptor batuk di bronkus.

Dimana sajakah letak refleks batuk itu?
Reseptor batuk terletak di epitel faring, laring, trakea dan terkonsentrasi di bronkus mayor

Hal-hal apa saja yang dapat merangsang refleks batuk?
Reseptor ini dapat terangsang secara mekanik (baroreseptor) misalnya oleh tekanan atau cairan di saluran nafas. Rangsangan lain berupa kimiawi (kemoreseptor), misalnya oleh gas yang berbahaya, dan rangsangan suhu (termoreseptor), misalnya udara dingin. Reseptor ini juga dapat dirangsang oleh mediator radang setempat seperti histamin, prostaglandin, dan leukotrien, dan juga oleh bronkokontriksi

Apa dampak batuk terhadap kesehatan?
Dampak batuk terhadap kesehatan sangat luas dan jelas, dan merupakan salah satu keluhan medis yang membawa pasien mencari pertolongan medis. Batuk dapat menyebabkan rasa lelah, gangguan tidur, perubahan pola hidup, nyeri muskuloskeletal, suara serak, dll. Dampak medis lain dari batuk adalah penyebaran transmisi infeksi yang sangat efektif, contohnya adalah TBC.

Mengapa batuk terus menerus bisa berbahaya?
Batuk yang berlangsung terus menerus dapat membahayakan pasien karena mengganggu nafas, aktivitas sosial, dan tidur sehingga menurunkan kualitas hidup. Batuk hebat bahkan dapat menimbulkan komplikasi serius pada hampir semua sitem organ.

Bagaimana membedakan batuk berdahak dengan batuk tidak berdahak?
Batuk berdahak disebut juga batuk produktif yaitu jika saat batuk dihasilkan dahak berupa lendir untuk dibuang, dan batuk kering yang disebut juga dengan batuk non produktif adalah jika batuk tersebut tidak menghasilkan lendir untuk dibuang.

Bagaimana cara mengatasi batuk?
Untuk batuk yang sangat mengganggu dapat diberikan obat-obatan sesuai indikasinya, namun selain terapi obat-obatan hal lain yang perlu diperhatikan adalah tatalaksana non farmakologis seperti faktor lingkungan dan cuaca di luar rumah, lingkungan dalam rumah, olahraga, diet dan nutrisi.